Gardu Induk Sistem Rel (Busbar)
Rel (Busbar) merupakan titik hubung pertemuan (connecting) antara
Transformator Daya, SUTT/SKTT dengan komponen listrik lainnya, untuk
menerima dan menyalurkan tenaga listrik. Berdasarkan sistem rel
(busbar), Gardu Induk di bagi menjadi beberapa jenis, sebagaimana
tersebut dibawah ini :
Gardu Induk Sistem Ring Busbar
Gardu induk sistem ring busbar adalah gardu induk yang busbarnya
berbentuk ring. Pada gardu induk jenis ini semua rel atau busbar yang
ada, tersambung (terhubung) satu dengan yang lainnya dan membentuk ring
(Cincin).
Gardu Induk Sistem Ring (Cincin) |
Gardu Induk Sistem Single Busbar
Gardu induk sistem single busbar adalah gardu induk yang mempunyai satu
(single) busbar. Pada umumnya gardu dengan sistem ini adalah gardu
induk yang berada pada ujung (akhir) dari suatu sistem transimisi.
Gardu Induk Sistem Single Busbar |
Gardu Induk Sistem Double Busbar
Gardu induk sistem double busbar adalah gardu induk yang mempunyai dua
(double) busbar. Gardu induk double busbar sangat efektif untuk
mengurangi terjadinya pemadaman beban, khususnya pada saat melakukan
perubahan sistem (manuver sistem). Jenis gardu induk ini yang banyak
digunakan.
Gardu Induk Sistem Double Busbar |
Gardu Induk Sistem On Half Busbar
Gardu induk sistem satu setengah (on half) busbar adalah gardu induk
yang mempunyai dua (double) busbar. Pada umumnya gardu induk jenis ini
dipasang pada gardu induk dipembangkit tenaga listrik atau gardu induk
yang berkapasitas besar. Dalam segi operasional, gardu induk ini sangat
efektif karena dapat mengurangi pemadaman beban pada saat dilakukan
perubahan sistem (manuver system). Sistem ini menggunakan tiga buah PMT
dalam satu diagonal yang terpasang secara deret atau seri.
Gardu Induk Sistem On Half Busbar |
Komentar
Posting Komentar